Bunga Meihua di Jiaobanshan

 photo Three_Rectangles-2.jpg

Udah lama banget BK ngga sempet update blog lagi karena sibuk pacaran kerjaan.. Bener-bener sorry banget deh… Harus kerja ekstra keras nih buat ngeluangin waktu biar bisa nulis blog lagi. Anyway… Kali ini BK mau sharing perjalanan BK melihat bunga meihua 梅花 waktu BK mampir di Taiwan bulan januari 2014 kemarin. Gilakkkk..! Jalan-jalannya bulan januari, ngepost nya bulan juli. Bisa di-sayang2 di-injek2 nih ama pembaca setia. HAHAHA Okay langsung saja kita menuju TKP.

Tempat yang BK kunjungin berada di kota Taoyuan yang berada di luar ibukota Taipei. Perjalanannya pun bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Nah tapi tempat yang BK kunjungin bukan lah pusat kotanya.., melainkan pegunungan di kota Taoyuan yaitu di kota kecil yang bernama Fuxing. Di kota Fuxing inilah terdapat tempat yang bernama Jiaobanshan (角板山). Memang timingnya BK pas banget.., karena pas di Taipei iseng-iseng ngliatin tante2 majalah travel di bookstore, BK ngedapetin tempat ini. Wah pas banget deh langsung diem-diem jeprat jepret artikel majalahnya sebagai informasi yang perlu dicuri. Kemudian BK berjalan perlahan keluar toko tersebut tanpa rasa dosa. (padahal dosanya segunung). Besokannya masuk berita TV taiwan “Seorang pemuda gembel tertangkap basah sedang memotret buku di sebuah toko”

Ada yang tau Chiang Kai-Shek ngga..? Bapak CKS ini adalah presiden pertama di Taiwan. Nah di 角板山 inilah Chiang Kai-Shek menghabiskan waktu senggangnya bersama uhuk uhuk.., pacarnya istrinya. Cie cie cieeee yang jomblo jangan ngiri ya..! Hahaha Di taman ini setiap tahunnya bulan januari sampai bulan februari mekar bunga meihua. Bunga cantik yang berwarna putih mengundang atraksi turis untuk berkunjung melihat keindahannya.

Disinilah Chiang Kai Shek bersama istrinya Soong Mei-Ling menghabiskan waktu bersama keluarga pada waktu liburan weekend. Selain bisa melihat bunga, kita juga bisa menikmati pemandangan sekitar sambil bersantai melepaskan penat.

 photo Image00001-15.jpg

BK merasa seakan-akan berada di Jepang, karena bisa melihat banyak pohon-pohon yang dipenuhi oleh bunga-bunga meihua yang cantik banget. Bapak Almarhum Chiang Kai-Shek pun bisa dibilang sangat sering mengunjungi taman 角板山 ini tiap tahun, khususnya sebelum dan sesudah hari ulang tahunnya (31 Oktober). Pose dulu ah..

 photo Image00003-17.jpg

 photo Image00014-11.jpg

Danau di taman jiao ban shan

 photo Image00011-12.jpg

 photo Image00012-11.jpg

Disini BK melihat banyak sekali orang-orang datang berkunjung untuk mengabadikan bunga meihua yang hanya mekar 1 tahun sekali. BK pun ngga mau ketinggalan untuk berfoto sama bunga-bunga putih suci ini..! Ya iyalah belum tentu next time bisa kesini lagi dengan momen yang sama…

 photo Image00016-9.jpg

 photo Image00017-8.jpg

 photo Image00010-12.jpg

Meski taman ini tidak besar, namun kita bisa melihat cukup banyak pohon-pohon bunga meihua yang sudah mekar. Meihua sendiri pada zaman dahulu sering ditemui di negara Jepang. Sari bunga Meihua banyak dimanfaatkan untuk dibuat jadi obat. Jika diperhatiin bunga ini memang ngga terlalu gede kayak bunga sakura yang juga mekar saat musim dingin, tapi warna putih dari bunga ini membawa daya tarik sendiri. Di Jepang, bunga meihua bahkan jadi simbol tanda tahun yang baru. Bunga ini menjadi simbol kesucian dan kebahagiaan, sesuai dengan warnanya yang cerah & terang.

 photo Image00018-8.jpg

 photo Image00019-6.jpg

 photo Image00020-7.jpg

 photo Image00021-5.jpg

Bagus banget kan..???
 photo Image00023-5.jpg

 photo Image00022-5.jpg

Pose lagi ya.. kali ini pake kacamata hehe
 photo Image00005-15.jpg

Selain itu, masih ada spot lain yang bikin BK terkesan… Di bagian taman ini ada view point yang bisa melihat pemandangan gunung yang berlapis-lapis. Wihhh.., keren banget deh pokoknya. Ternyata masih ada “harta karun” tersembunyi di balik taman bunga. Tempat ini dinamakan溪口台地 (baca : xi kou tai di), pemandangan pegunungan berlapis-lapis yang sangat indah. Beruntung sekali cuaca di hari itu sangat sempurna. Pada siang yang mendung itu muncul sinar matahari yang menyinari punggung dari pegunungan tersebut, yang membuat BK serasa melihat lukisan alam yang indah.

 photo Image00006-15.jpg

 photo Image00007-13.jpg

 photo Image00008-13.jpg

Konon Chiang Ching-Kuo (anak Chiang Kai-Shek) membangun tempat yang bisa melihat pemandangan 溪口 itu sambil merenung dan mengenang ayahnya yang telah meninggal. Tidak sedikit orang-orang dewasa datang kesini hanya untuk menikmati pemandangan dan melepas penat sambil minum teh. Bayangin aja kalo disini ada warung kopi… warteg yang jual nasi uduk… abang jual bakso, es cendol… Wihhh mantap yaaaa uda kayak di indo..! HHAHA (sayangnya bukan… ngarepdotcom XD)

gaya terakhir hehe
 photo Image00009-12.jpg

Bagaimana cara pergi ke 角板山公園 (jiao ban shan gong yuan) ? Bus : dari 大溪公車站 (da xi), naik bis 5104 ke arah 復興 (fuxing) dan berhenti di 角板山公園. Perjalanan dari 大溪-角板山 kurang lebih 50 menit. Tiket bus 64 NT.
Waktu terbaik untuk melihat meihua adalah di awal bulan januari sampai awal bulan februari.

Cara pergi ke 大溪 : jika anda dari TAIPEI, ada dua optional. naik kereta api ke Taipei dan berhenti di Taoyuan / Chungli. Setelah itu baru naik bis ke daxi. Atau langsung naik bis dari MRT Yongning kemudian naik bis 9103 ke arah daxi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s