Kemek Yuk di Shilin Market…!!!

 photo 43500.jpg

Kamu pasti pernah dengar kata Shilin. Baik di Jakarta atau kota besar lainnya, banyak brand kuliner shilin yang sudah menyebar dimana-mana. Tapi taukah kamu kalau shilin ini adalah salah satu pasar malam terramai di Taiwan..??? Yuk ikutin bang kemek jalan-jalan di Shilin..!

Shilin adalah bagian district dari kota Taipei. Di daerah ini terdapat pasar malam yang sangatttt ramai..! Baru-baru ini Shilin Market dibagi menjadi dua bagian area. Area pertama adalah pasar malam yang letaknya tak jauh dari MRT Jiantan. Disana para wanita memanjakan “mata”nya dengan belanja baju, sepatu dan aneka aksesoris. ada juga yang berjualan makanan jajanan khas shilin. Namun dikarenakan tempat ini selalu ramai dikunjungi para turis lokal & mancanegara, muncul kemacetan yang luar biasa di sekitar sana terutama saat weekend. Jadi pemerintah berinisiatif membangun kawasan baru yang tak jauh dari sana yang dikhususkan bagi para pelancong grup travel.

 photo Image00020-6.jpg

Bang Kemek (BK) mau kasih tau km info penting dulu sebelum kita jalan2. Yang namanya Shilin, itu bacanya bukan “silin” tapi “shelin”. Jika kamu pernah belajar mandarin pasti tau bagaimana mengeja hanyu pinyin nya mandarin. Jadi jangan kayak orang katrok ya bacanya “silin” HAHA.

Kalo kamu ikut grup Taipei City tour pastinya kamu bakal ada jadwal ke shilin night market. Nah di tempat inilah kamu bisa belanja, gunakan waktu kamu dengan sebaik mungkin karena yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh cukup banyak..!

胡椒餅 (Hu jiao bing) ; Kue isi daging merica
 photo Image00001-12.jpg

Tempat yang bernama Shilin Market ini lebih banyak menjual oleh-oleh bagi para turis. Tetapi Bang Kemek (BK) sekarang bukan mau ajak kamu untuk liat oleh-olehnya, tapi kita mau liat cewek sexy jajanan kulinernya Shilin. Banyak banget yang patut untuk di”kemek”. Bisa2 perut jeboll hahaha

Banyak kan.. Kepiting, ikan, gurita jg ada.
 photo Image00002-11.jpg

Ada jual es juga loh..
 photo Image00003-14.jpg

 photo Image00005-12.jpg

Di tempat Shilin market ini, di lantai b1 alias lantai bawah tanahnya, terdapat food court yang menjual aneka makanan. Mulai dari seafood, mie, sosis, lengkap semuanya..!

Jus buah nya lengkapp..!
 photo Image00006-12.jpg

Teppanyaki makan ala Jepang
 photo Image00007-10.jpg

Sosis babi yang gueedde banget..!
 photo Image00008-10.jpg

Dan kali ini BK nyobain makanan yang bernama 蚵仔煎 (oyster omelet) yang bentuknya BK kira seperti fuyunghai, tapi ternyata beda loh. Dalemnya itu bukan daun bawang & kepiting, melainkan tepung & tiram (oyster). Nggak berlama2, kita langsung kemek yuk…! Rasanya..?? Meski beda sama fuyung hai yang biasa makan di indo, oysternya spesial banget. Yang paling BK suka itu adalah saus merahnya. Enak deh, asem-asem asin gitu. Hhehee.

Ini dia oyster omeletnya
 photo Image00016-7.jpg

 photo Image00018-6.jpg

Penasaran bikinnya gimana..??
Pertama2 mereka campur adonan tepung, tiram dan sayur hijau, kemudian ditaruh di wajan penggorengan
 photo Image00012-8.jpg

Setelah itu baru dicampurin sama telor
 photo Image00013-7.jpg

dan setelah matang, kita bisa “kemek” deh. Tiram alias oysternya enak hehe
 photo Image00017-6.jpg

Makanan khas shilin ini menjadi salah satu makanan favorit warga Taiwan jika berkunjung kesini. Tapi ngga cuman itu doang, banyak makanan lain yang patut kamu coba seperti yang kita lihat di gambar ini.

Anak Kepiting goreng tepung enak lhoo..!
 photo Image00009-9.jpg

ikan goreng tepung
 photo Image00010-9.jpg

Yang demen udang..? Lengkappp..!
 photo Image00011-9.jpg

Tempura
 photo Image00014-8.jpg

Sate gurita bakar.wowwww
 photo Image00019-5.jpg

Dannn kalo kamu perhatikan di setiap outlet brand Shilin di mall2 indonesia, biasanya pasti jual ayam goreng crispy kan..??? Nah kamu mampir ke SHilin patut coba lho ayam crispy nya Shilin. Dijamin puas dan enak banget lho..! harganya 60 NT

Ni si sherly, anak kecil yang makan ayam goreng crispy, bentuknya hampir seukuran muka loh..! Biasanya 1 porsi bisa dibagi 2 orang, karena ayamnya gede banget
 photo 20130503_225626.jpg

Nah kalo kamu puas makannya, waktunya belanja deh.. dari kawasan area yang baru (kawasan grup travel) ke kawasan area yang lama (pasar malam), ada gang kecil yang menghubungkan kedua area tersebut, jadi kamu bisa ambil jalan tembus menuju kesono.. Nggga perlu muter dari depan lagi.

Takut ngga tau jalan..?? Di hutan bisa kesasar, tapi BK rasa jarang yah ada orang yang bisa nyasar di tempat belanja. Apalagi cewek, instingnya tajam..! Bener ngga.. hahaha. Kalo kamu ngga tau jalan, tenang aja, bisa tanya sama orang bagaimana menuju ke pasar malam atau jalan balik ke MRT.

Berikut dictionary yang bisa kamu gunakan
* 請問怎麼去士林夜市 ? Qing wen zen me qu shi lin ye shi ? (Bagaimana caranya pergi ke shilin night market)
* 請問怎麼回到捷運站 ? Qing wen zen me hui dao jie yun zhan ? (Bagaimana cara jalan kembali ke stasiun MRT)

How to go to Shilin Market ?
Naik MRT red line ke arah Beitou atau Danshui dan berhenti di stasiun MRT Jiantan.
(Jangan salah turun, Shilin market berada di MRT Jiantan, bukan di MRT Shilin). Kemudian keluar di exit 1 dan kamu bisa ikut petunjuk BK di bawah ini)

 photo aaaa.jpg

Nama makanan yang BK makan : 蚵仔煎 (oyster omelet) ; baca dalam bahasa daerah Taiwan = owajian. Harga 60 NT per porsi

Penasaran kuliner taiwan yang lainnya..??? Ikutin terus perjalanan kuliner “kemek” BK. Jangan ampe ketinggalan yah..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s