Ayam Taliwang + Plencingan Kang Kung khas Lombok. RECOMMENDED..!!!

 photo Three_Rectangles.jpg

Jalan-jalan ke Lombok belum puas kalo ngga nyobain kuliner khasnya. BK secara spesial mau ajak teman-teman semua untuk nyicipin Ayam Taliwang yang jadi khas Lombok. Ngga sabaran yah..!

Apa yang spesial dari Ayam Taliwang ? Ayam yang kita tahu ada 2 macam, yaitu Ayam Boiler atau yang sering disebut ayam Negara. Sedangkan satunya lagi adalah ayam kampung. Meski mayoritas masyarakat sekarang udah make ayam boiler, karena lebih gede & montok padet, tapi masih cukup banyak orang yang suka dengan olahan klasik ala ayam kampung.

Taliwang bukan satu nama marga / nama orang yang bikin brand ayam ini. Taliwang adalah nama dari salah satu daerah di Lombok. Pada zaman dulu, Lombok sempat dikuasai oleh kerajaan Bali. Konon raja pada era tersebut mempunyai koki-koki andalannya yang berasal dari daerah Taliwang, Lombok (suku penduduk Lombok yaitu suku sasak) karena masakan mereka dikenal sangat lezat. Salah satu menu favorit raja adalah makanan ayam. Makanya orang Lombok menamakan makanan ini dengan nama “Ayam Taliwang”.

Dan resep menu ayam Taliwang ini akhirnya diturunkan pada generasi-generasi selanjutnya jadinya kita sekarang bisa berkesempatan nyicipin deh. ^^ Pokokeee kalo kalian dateng ke Lombok, wajib makan ayam Taliwang..!

Pas itu kita dateng ke Lombok di saat yang kurang tepat. Waktu kita pulang main di Gili, malemnya kita mau hunting ayam taliwang, eh ternyata bentrok waktunya dengan saudara2 yg sedang buka puasa. Yahh… kita ngga kebagian tempat di salah satu restoran Ayam Taliwang yang terkenal yaitu Rumah Makan Irama. Alhasil kita hunting restoran yang lain, dan akhirnya kita mendapatkan restoran yang ngga terlalu rame yaitu Restoran Dua-Em Bersaudara.
Tempatnya sangat ramah, ada lesehan, ada meja makan umum.
 photo Image00001-4.jpg

 photo Image00003-6.jpg

 photo Image00002-5.jpg

Kita liat vin2, lg ngapain dia tuh
 photo Image00004-5.jpg

Nah apanya yang unik ya ???
 photo Image00006-5.jpg

Doorrr, ini tempat cuci tangan hehe
 photo Image00005-5.jpg

Pemiliknya Pak Hj. Denny sangat ramah sekali dalam melayani pembeli. Beliau adalah orang lokal dan sangat mengerti keadaan pulau Lombok & objek wisatanya. Dengan baik hati Pak Denny menjelaskan bahwa restoran Dua-Em Bersaudara ini masih punya relasi dengan Restoran Ayam Taliwang yang lainnya. Sooo.., jika kalian berkesempatan ke Mataram, kalian bisa mengunjungi salah satu restoran Ayam Taliwang di bawah ini,

* RM Haji Moerad
* RM Irama
* RM Taliwang 1
* RM Dua-Em Bersaudara

Pak Denny juga menjelaskan kepada BK bagaimana proses pengolahan Ayam Taliwang. Ayam kampung yang dipilih untuk dihidangkan bukanlah ayam dewasa karena dagingnya lebih “alot” (istilah orang jawa : keras), namun ayam yang berusia 6 bulan. Ayam tersebut diolah dengan bumbu khasnya orang Taliwang sehingga rasanya nikmat & pas untuk lidah setiap orang yang menyantapnya. “Setiap RM Ayam Taliwang mempunyai khas cita rasanya sendiri. Kalo di RM Dua-Em, rasa ayamnya lebih ngga terlalu pedas, jadi rasanya lebih disesuaikan untuk kalangan banyak.” Kata pak Denny.

Soda Gembira nya lombok warna hijau !
 photo Image00007-5.jpg

Minum Es jeruk segar !
 photo Image00008-5.jpg

Liat deh, ayamnya kecil banget, dagingnya pun empuk. Rasanya bisa disesuaikan, kalo mau pedesss buanget atau ngga mau pedes pun tinggal bilang aja sama saya pelayannya.

Ini ayam goreng taliwang
 photo Image00009-4.jpg

BK nyoba 2 macam ayam taliwang, yaitu ayam goreng taliwang dan ayam bakar kecap taliwang. Wuihhh, dua2nya mantep coiii.. Enak pisan rasanya..^^

Ini ayam bakar kecap taliwang rasanya juga mantap !
 photo Image00010-4.jpg

 photo Image00011-4.jpg

Ini lalapan beserta sambalnyaūüėÄ
 photo Image00012-3.jpg

Nahhh… Makan ayam goreng terasa kurang kalo nggak pake lalapan. Di lombok, lalapannya adalah plencingan kangkung. Sekedar info aja, kangkungnya di Lombok itu gede-gede. Hihi. Saya doyan kangkung pemirsa ! Dannn hati-hati saudara, Plencingan Kangkung itu bikin ketagihannn..! Dieerrr !

Plencingan ini isinya bukan cuma kangkung, tapi juga ada toge, kacang, dan yang terpenting adalah Sambel belimbingnya, yang asem-asem manis pedes. Bikin penasaran rasanya !

Kalo ini cah kangkungnya Lombok. Kangkungnya gede2 !
 photo Image00014-3.jpg

BK ampe ngga bisa nahan hasrat deh, total plencingan yang kita pesen ampe 4 piring waktu itu. Padahal nasi tinggal seiprit, tapi nge-bela2in untuk nambah 1 porsi lagi demi memuaskan perut dengan plencingan kangkung.

Ini top abis, plencingan kangkung nambah ampe 4 porsi. TOP Banget !
 photo Image00017-3.jpg

So next time, kalo mampir ke Lombok, saran BK jangan lewatkan ayam taliwang ini. Dijamin maknyusss.. top markotop ! ^^

Rumah Makan Dua-Em Bersaudara

Alamat    :   Jalan Transmigrasi 99 Mataram РLombok РNTB
Telpon    :   (0370) 622914 Р636734

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s