Pengalaman Luar Biasa di Gili Trawangan

 photo Image00003-5.jpg


Di telinga orang Indonesia, Gili Island belum terlalu tenar. Namun siapa yang tahu bahwa Kepulauan yang indah ini jadi destinasi para bule2 yang hobi diving & snorkeling..?

Sesuai judul, BK mempunyai pengalaman luar biasa saat trip ke Lombok. Beda dengan tema 3 pantai terindah di lombok, di kepulauan Gili BK merasakan yang sedikit berbeda. Seumur-umur pertama kali ini ngliat lautan yang biru banget, di pinggir pantainya warna biru muda dan mata bisa langsung mandangin bule bawah laut yang tembus pandang. Pantainya cantik banget dah.. Percaya ama omongan BK.

Gili Trawangan memang udah ngga asing lagi bagi orang bule, mereka demen sama BK “view” nya yang eksotik. Dibanding bali yang sekarang rame, para bule mulai mengalihkan pandangannya ke lombok karena disini tempatnya lebih tidak banyak pengunjung.

Kepulauan Gili dibagi menjadi 3 pulau, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Dari 3 pulau ini, yang paling terkenal adalah Pulau Gili Trawangan. Lokasi kepulauan Gili memang tidak jauh dari Lombok. Ada banyak sarana perahu yang bisa digunakan di pelabuhan Bangsal & Kodek. Selain dari Lombok, Kepulauan Gili juga bisa ditempuh dari Bali.

 photo url.png

Berhubung kita tinggalnya di Holiday Resort Senggigih, pelabuhan terdekat untuk menuju ke Gili adalah pelabuhan kodek. Disana kami menyewa fast boat dari pulau lombok menuju ke Gili Trawangan. Tarif yang dikenakan adalah 800.000 IDR. Fast boatnya bisa muat 1 kampung 10 orang.

Jika mau tarif murah, bisa juga ke pelabuhan Bangsal, disana boat publik yang harganya per orang 12.500 IDR (sekali jalan). Boatnya baru jalan kalo orangnya udah penuh. Jadi sabarrrr ya..

Perjalanan dari pelabuhan kodek ke Gili Trawangan memakan waktu 2 jam 20 menit saja. Setelah nyampe di Gili Trawangan, kita langsung jalan-jalan di sekitar pelabuhan sana. Lautnya biru banget lho temen-temen. BK demen banget sama pemandangannya, keren abisss..

 photo Image00004-4.jpg

What..?? ASU..?? (Bahasa jawa : Anjing)
 photo Image00005-4.jpg

Sebelum berangkat
 photo Image00006-4.jpg

Siap2 pake sunblock
 photo Image00007-4.jpg

Kerennn
 photo Image00008-4.jpg

Beautiful..
 photo Image00015-2.jpg

 photo Image00016-2.jpg

 photo Image00014-2.jpg

 photo Image00013-2.jpg

Dermaga Gili trawangan
 photo Image00009-3.jpg

Caca
 photo Image00010-3.jpg

Dibalik kekaguman BK di Gili Trawangan, ada sedikit kekecewaan yang ada di hati. Kenapa BK melihat mayoritas 90% pengunjung di Gili ini adalah bule2 ? Kenapa kok warga indonesia malah justru mengacuhkan pulau yang indah ini..? (Yang orang Asia rasanya cuma BK & rombongan deh = =’) >< Bule2 aja dateng jauh2 dari negeri mereka ke indonesia karena lombok itu indah.

Street
 photo Image00011-3.jpg

 photo IMG_4187.jpg

Pertama-tama kita keliling pulau lombok dulu dengan menaiki “Cidomo” transportasi tradisional atau biasa disebut andong / delman / dokar. 1 Cidomo dihargai 150.000 IDR. Untuk keliling pulau Gili Trawangan melalui jalan darat, selain naik andong juga bisa menyewa sepeda. But trust me, naik andong lebih ngga capek.

Cidomo
 photo Image00012-2.jpg

 photo Image00018-2.jpg

Saat naik Cidomo, nglewatin kawasan hotel yang bagus banget..!
 photo Image00017-2.jpg

Dan akhirnya kita berhenti di penangkaran penyu. Disana daerahnya juga lumayan rame, banyak penginapan dan cafe serta restaurant, tempat bersantai & berjemur. Harga makanannya juga relatif terjangkau.

 photo Image00019-2.jpg

 photo Image00020-2.jpg

Ini yang ditunggu2. Pergi ke Gili Trawangan ngga asik kalo belum snorkeling. ^^ Sooo.., disini kita nyewa boat untuk bawa kita private ke spot2 snorkeling terdekat. Sebenarnya kita juga bisa ikut snorkeling publik yang harganya 100.000 IDR dari pagi hingga sore plus dapat lunch 1x. Snorkelingnya bareng ama bule2 jadinya seru. Rutenya lebih banyak juga, dari Gili Trawangan ke Gili Meno dan Gili Air untuk melihat aneka terumbu karang, spesies ikan dan penyu. Tapi berhubung karena snorkeling publik itu hanya ada jam 10.30 pagi, sedangkan kita ngga keburu untuk ngikut, alhasil kita nyewa boat private deh.

Bule2 yg siap2 untuk snorkeling bareng2 jam 10.30
 photo IMG_4188.jpg

 photo Image00021-2.jpg

On the way to the spot
 photo Image00022-2.jpg

Akhirnya kita siap untuk telanjang di laut snorkeling..!!! Airnya mantap mennn, keren banget birunya.

 photo Image00025-2.jpg

 photo Image00023-2.jpg

 photo Image00024-2.jpg

BK paling demen di Gili Air, karena disana ada kesempatan untuk kasih makan ikan. Seru banget… Ikan2 pada dateng dan nyerbu tangan BK. Awas digigit..! hehe

 photo Image00026-2.jpg

Berhubung kamera BK ngga ada shield untuk foto di bawah laut, jadi ngga bisa dokumentasi deh..๐Ÿ˜ฆ Padahal ikan-ikan di bawah lautnya bagus banget..

 photo Image00027-2.jpg

 photo Image00028-1.jpg

Biar ngga kebawa ombak, ada gaya snorkeling baru
 photo Image00029-2.jpg

Iseng
 photo Image00001-3.jpg

Setelah 2-3 jam snorkeling di Gili Trawangan, Meno & Air, akhirnya kita kembali ke Gili Trawangan untuk naik boat. BK ngrasain capek & pusing karena ngga biasa snorkeling. Begitu juga dengan Steven, Stella, Caca & Vin2. Adik2 BK waktu perjalanan juga tertidur karena pusing waktu snorkeling sering terbawa ombak. Tapiiii.., snorkeling itu bikin ketagihan lho kawan.. Banyak pengalaman & kenangan selama snorkeling. Ketemu ikan-ikan yang warna warni, bisa kasih mereka makan, jadi seru banget deh.. Bagi kalian yang ke Gili, BK bisa jamin kalian ngga bakalan nyesel. Seruu..!!!

Habis selesai snorkeling, laper dehh ya..! Saatnya untuk nyantap makanan khas Lombok..! Penasaran..?? Terus follow Bang Kemek di kemekyuk.wordpress.com yaaaa..! ^^ Selamat berwisata

Goodbye Gili..!
 photo Image00002-4.jpg

TIPS saat berwisata ke Gili
– Untuk menuju ke Gili, bisa menyewa boat di pelabuhan kodek dekat senggigih. Sedangkan di pelabuhan bangsal, ada boat publik yang harganya per orang 12.500 IDR untuk 1x jalan.
– Jika ingin menyewa boat, banyaklah tanya dengan penyewa boat dan bandingkan harganya yang kira-kira sesuai dengan budget anda
– Sedialah sunblock karena cuaca di Gili cukup terik
– Jangan lupa bawa baju ganti
– Jika ingin snorkeling murah, anda harus ready di Gili Trawangan pukul 10.30, biayanya 100.000 (termasuk lunch, peralatan snorkeling) bersama dengan banyak orang. Rute yang diambil adalah Gili Trawangan, Meno & Air. Rute baru selesai kurang lebih jam 3 sore.
– Saat di Gili air akan ada kesempatan untuk kasih makan ikan. BK nyaranin anda untuk sedia roti / biskuit untuk bisa mengundang para ikan datang.

8 thoughts on “Pengalaman Luar Biasa di Gili Trawangan

  1. wuihhh cooll.. thanks for the information BK.. buat next trip ke gili๐Ÿ˜‰
    cobain raja ampat deh BK ga kalah keren๐Ÿ˜‰

  2. @Admin : Keren Sekali Pengalamannya. Dan Infonya sangat membantu bagi yang ingin berlibur ke Gili Trawangan. Info ini bisa sangat bagus dijadikan refrensi. Cuma sedikit ingin saya tambahkan. Bagi yang kebetulan ingin ke Gili dari Bali, Mungkin Fast Boat adalah pilihan terbaik. Dan untuk info layanan Fast Boat yang murah silahkan langsung aja search di google ” Fast Boat termurah ke gili”

    • Thank you Ramadana, masukan yg luar biasa dari Ramadana. Bagi kamu yg ingin berangkat ke Gili dari Bali, ada dua alternativ, bisa berangkat dari Mataram (bagi yg flight langsung ke Lombok) atau dari Bali. Kalo dari Bali naik Fast Boat๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s