Nyicipin Mie Cwie Kiauw di Pasar Atum Surabaya

 photo IMG_3804.jpg

“Penulis menginformasikan kepada pembaca sekalian bahwa makanan ini mengandung babi. Sehingga penulis tidak bertanggung jawab apabila ada kejadian penulis disalahkan karena merekomendasikan makanan ini. Penulis hanya menulis diary perjalanan kuliner dan berbagi kepada seluruh pembaca”

Cwie Kiauw apaan tuh..? beruntung BK dulu sempat study ke Taiwan untuk memperoleh gadis menuntut ilmu. Jadinya tau banyak sekali kosakata bahasa mandarin pasar yang sering dipakai di indonesia, asalnya dari mandarin yang asli.

Cwie Kiauw atau sebutan lainnya di indo adalah Swe Kiaw, berasal dari kosakata mandarin yaitu 水餃 (Baca Shuijiao). Banyak banget orang yang bingung dengan kata shuijiao. “Lho shuijiao artinya tidur, nah kok ini artinya makanan ?” Kuncinya adalah di bagian nada. Shuijiao yang artinya tidur adalah Shuìjiào. Sedangkan shuijiao yang artinya swekiaw dibacanya Shuǐjiǎo. Jadi jelas dong..! Yang namanya mandarin itu beda nada, otomatis beda arti ! Ciyusss deh..!

Nah di surabaya, BK (Bang Kemek) ngajak kalian untuk nyobain kuliner Cwie Kiauw yang rame pengunjung, tepatnya di pasar atum Surabaya. Depot yang satu ini bernama Depot Cwie Kiauw San Tong. Nama Mandarinnya ; 正宗山東水餃 (San : Gunung, Tong : timur). Santong adalah nama provinsi di China Mainland. Di provinsi inilah nama Cwie Kiauw jadi beken, karena Cwie Kiauw di sono terkenal banget, rasanya luar biasa enaknya.

 photo Image00003-1.jpg

Tempatnya sih cukup sederhana kayak warung ojek rumah makan depot biasa. Namun meski sederhana gini, yang beli ruarr biasa rame… Mulai dari orang yang kerja, dewasa, muda seperti saya, pada ngantri beli ini.

 photo Image00002-1.jpg

Ngga usah lama2, kita pesen Cwi Kiaw Mie yang jadi menu utama di tempat ini yuk..!

Hmmm.., menggiurkan banget mie cwi kiaw nya. Trnyata cwi kiawnya digoreng loh, bukannya dibakar dikukus atau direbus.

 photo Image00005-1.jpg

Mienya enak deh…, kenyal dan rasa asinnya pas… Sruput sruput… Sedapnya…cwi kiaw gorengnya juga enak, gurih & isinya padet.

 photo Image00006-1.jpg

With my cousin, Steven (Left), Stacia “Caca” (Right)
 photo Image00007-1.jpg

My Aunty (Right), Vin-vin (Left)
 photo Image00008-1.jpg

Ini dia si Bang Kemek
 photo Image00001.jpg

Jangan lupa pesen Es Jeruk
 photo Image00004-1.jpg

Selain Cwie Kiauw Mie, depot santong juga menyediakan Kwo Thiek (mirip dengan cwie kiauw), pangsit mie, mie bakwan dan mie ayam. Oh iya… Depot ini ada 2 cabang selain di pasar atom, yakni di G-Walk Citraland & ITC. Sampai jumpa di kuliner selanjutnya..!

Depot Santong Cwie Kiauw
Pasar Atom Tahap 1, Lantai 1 1180-1181B, Surabaya
031-70283004 ; 71280099

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s